Tol Laut KM Kandhaga Nusantara 8 Dilepas Membawa Kebutuhan Masyarakat Papua

0
31

SURABAYA – Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko melakukan pelepasan KM Kendhaga Nusantara 8 bermuatan 41 TEUS untuk melayani kegiatan tol laut pada trayek T. 11 di dermaga Terminal Petikemas Surabaya (TPS) yang disaksikan langsung oleh Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Mayjen TNI (Mar), Buyung Lalana, Jum’at (17/5/2019) sore.

“Kapal akan berangkat dari pelabuhan pangkal Tanjung Perak pada pukul 21.00 nanti dan akan menyinggahi Pelabuhan Tanjung Perak – FakFak -Kalimana – Timika – Agats – Boven Digul – Tanjung Perak,” ujar Capt. Wisnu.

Menurut Wisnu, kapal KM Kendhaga Nusantara 8 itu sendiri mempunyai kapasitas 100 TEUs yang diharapan dapat memberikan pelayanan kepada stake holders di wilayah Papua nantinya.

“Tentu, dengan kapal dapat memuat muatan yang lebih banyak dibanding dengan menggunakan moda transportasi lainnya khususnya ke daerah Indonesiaa Timur,” jelasnya.

Dengan menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di Papua, lanjut Wisnu, diharapkan menjadi sarana dan prasarana bagi masyarakat wilayah Papua dan sekitarnya untuk memanfaatkannya dalam pengiriman kebutuhan masyarakat.

“Yang pasti, akan mendukung baik kebutuhan pokok, hasil produksi usaha kecil menengah (UKM), hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil perindustrian, hasil pertambangan,” tandas Wisnu.

Sedang dalam acara pelepasan pelayaran KM Kendhaga Nusantara 8 di Tanjung Perak itu juga dihadiri Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Kepala Seksi Tramper dan Pelayaran Rakyat selaku PPK Penyelenggaraan Kewajiban Angkutan Publik di Laut, Syahbandar Tanjung Perak, wakil dari Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak PT. TPS, operator PT. Temas dan PT Daya Radar Utama (DRU) selaku galangan dimana kapal dibangun. (ruu)

Comments are closed.