Antisipsi Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Menhub Serahkan Dua Kapal Rede

0
58

(maritimedia.com) – SURABAYA – Kementerian Perhubungan menyerahkan dua Kapal Rede kepada Pemerintah Daerah Jawa Timur untuk operasional di Pelabuhan Kalianget Sumenep dan akan dikelola oleh PT Pelni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan penyerahan Kapal Rede tersebut untuk antisipasi lonjakan penumpang yang menggunakan kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep pada saat Angkutan Lebaran 1440 H/2019.

“Kita tahu bahwa kebutuhan pergerakan pada saat mudik banyak sekali. Menurut laporan Pak Bupati, 350 ribu orang yang tinggal diluar dari Sumenep, oleh karenanya kita ingin mudik kali ini jauh lebih baik dari aspek keselamatan maupun kapasitasnya,” kata Menhub Budi di Pelabuhan Kalianget Sumenet, Minggu (12/5/19).

Lebih lanjut, Menhub Budi mengatakan setelah lebaran, akan ada tambahan satu Kapal Roro yang dikelola oleh ASDP untuk menambah kapasitas penumpangdi Pelabuhan Kalianget Sumenep.

Selain menyerahkan dua Kapal Rede, Menhub Budi bersama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga melakukan ramp check dan menyapa penumpang Kapal Sabuk Nusantara 92 yang akan berangkat dari pelabuhan Kalianget.

Untuk antisipasi membludaknya jumlah penumpang di Pelabuhan Kalianget jelang Lebaran, Menhub mengusulkan kepada Pemerintah Daerah untuk menyiapkan tenda-tenda bagi penumpang untuk menunggu kedatangan kapal.

“Sebab pengalaman di daerah Samarinda, banyak penumpang yang tidak terangkut di kapal, memaksakan diri ikut naik. Dengan adanya tenda besar berkapasitas hingga 500 orang, mereka bisa menunggu jadwal kapal berikutnya di dalam tenda,” pungkas Menhub Budi dilansir Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan.

Sebagai informasi, Kapal Rede yang diserahkan kepada Pemda Jawa Timur dan akan dikelola oleh PT Pelni ini mempunyai kapasitas sebanyak 80 penumpang, dua mobil sedang dengan rata-rata muatan kendaraan 10 ton. Kapal tersebut juga mempunyai panjang keseluruhan 24,70 m, lebar 6,30 m dan tinggi 2,20 m.

Comments are closed.