Datangkan 8 Unit RTG, Pelindo IV Komit Hadirkan MNP untuk Indonesia Timur

0
988

(maritimedia.com) – SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) atau Pelindo IV kembali mendatangkan alat baru, yakni 8 unit Rubber Tyred Gantry (RTG) Crane di Makassar New Port (MNP).

Dengan kedatangan 8 unit RTG Crane yang tiba pada Sabtu (16 Maret 2019), total saat ini MNP memiliki 28 unit alat yang terdiri dari 2 unit Ship to Shoe (STS) Crane, 10 unit RTG Crane, 2 unit Reach Stacker 45 Ton, 1 unit Forklift 32 Ton, 1 unit Forklift 7 Ton dan 12 unit Terminal Tractor.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang mengatakan kedatangan 8 unit alat RTG Crane tersebut sesuai dengan komitmen Pelindo IV untuk mendatangkan lagi alat di MNP.

“Karena saat ini MNP sudah melayani sekitar 50 kapal lebih dan sudah banyak yang meminati pelabuhan baru ini. Sudah banyak perusahaan pelayaran maupun pemilik barang yang sangat interest untuk melakukan kegiatan operasional kapalnya di pelabuhan baru dan hub di Indonesia Timur ini,” kata Farid dalam berita resmi Pelindo IV.

Lebih lanjut, Farid mengatakan kedatangan alat baru ini sebagai salah satu bentuk komitmen yang kuat dari Pelindo IV, untuk menunjukkan kepada masyarakat di Indonesia Timur bahwa pelabuhan besar telah hadir.

“Semua itu menunjukkan komitmen kuat dari PT Pelindo IV untuk menunjukkan kepada masyarakat di Indonesia Timur bahwa pelabuhan besar telah hadir. Diharapkan semua industri dapat mendukung dan berpartisipasi dalam rangka mensukseskan pengoperasioan pelabuhan yang akan berdampak pada kelancaran distribusi barang, sehingga pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur akan semakin baik,” ucap Farid di Makassar.

Farid juga mengatakan, 8 unit RTG yang baru didatangkan tersebut untuk percepatan produktivitas baik di lapangan maupun di dermaga. Hal itu juga menunjukkkan kerja keras Pelindo IV dalam rangka menyukseskan Proyek Strategis Nasional (PSN), yang sedang disiapkan untuk diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Farid membeberkan bahwa izin operasi, alur dan semua dokumen yang dibutuhkan sudah memenuhi syarat, tinggal menunggu persetujuan operasi penuh dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

“Ini semua merupakan hasil kerja sama tim yang baik antara Pelindo IV dengan Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Kesyahbandaran Utama Makassar dan Distrik Navigasi Makassar dalam menyiapkan seluruh pengoperasioan MNP, yaitu menyiapkan SOP-nya dengan lebih baik,” tutup Farid.

Sebagai informasi, bahwa saat ini progress MNP Tahap I sudah rampung 99%. Ditargetkan dalam minggu ini sudah selesai pekerjaan finishing dan perapian untuk Tahap I A.

Adapun, 8 unit RTG Crane yang didatangkan Sabtu kemarin, merupakan bagian dari total 16 unit RTG Crane yang akan didatangkan untuk operasional di MNP. Dan 8 RTG Crane yang didatangkan kemarin merupakan bagian dari batch I, menyusul batch II sebanyak 8 unit RTG Crane lagi.

Comments are closed.