Tingkatkan SDM Masyarakat, Kemenhub Diklatkan 2.554 Orang di PIP Semarang

0
59

(maritimedia.com) – SURABAYA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan tahun 2019 di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/3/19).

“Diklat ini dilaksanakan sebagai bentuk bahwa Negara atau Pemerintah hadir untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Indonesia yang merupakan salah satu Program Prioritas Nasional,” kata Menhub Budi di Semarang.

Lebih lanjut Menhub Budi mengatakan, diklat ini juga bertujuan untuk menciptakan SDM di bidang Pelayaran yang sadar akan keselamatan dan keamanan transportasi. Diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan serta meningkatkan taraf hidup setelah bekerja nantinya.

“Para peserta diklat akan diberikan sertifikasi nasional dan internasional agar mendapat kesempatan bekerja di bidang tranportasi laut baik nasional maupun internasional,” ucap Menhub Budi dalam berita Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub.

Selain itu, Menhub Budi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota dan instansi terkait lainnya, atas kerja sama dan dedikasi yang tinggi serta dukungan penuh kepada program tersebut sehingga dapat terselenggara dengan baik seperti yang diharapkan.

“Selanjutnya kami berharap Pemerintah Daerah setempat dapat membantu melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi serta memberikan masukan terhadap lulusan Diklat ini,” tutup Menhub Budi.

Sebagai informasi, sebanyak 2.554 orang yang terdiri dari siswa SMK, Nelayan, masyarakat kurang mampu, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perhubungan akan mengkuti DPM di PIP Semarang.

Kegiatan DPM di PIP Semarang meliputi: Diklat Basic Safety Training (BST), Security Awarness Training (SAT), Advanced Fire Fighting (AFF), Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM), Kecakapan Kapal Tradisional Penangkap Ikan dengan daerah pelayaran 30/60 Mil bagian Dek dan Mesin (SKK 30/60 Mil) dan Teknis Awal Dasar-Dasar Kesyahbandaran.

Tahun 2019 ini, BPSDMP akan menyelenggarakan DPM dengan target sebanyak 160.000 orang. DPM diberikan gratis sebagai wujud kepedulian dan peran serta Kemenhub dan BPSDMP untuk memberdayakan masyarakat serta meningkatkan kualitas SDM di bidang transportasi.

Comments are closed.