Sosialisasikan Penanganan Barang Berbahaya Di Laut, Kemenhub Adakan Pelatihan IMDG Code

0
406

(maritimedia.com) – JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Otoritas Pelabuhan dan Maritim Singapura, menyelenggarakan acara dengan tajuk Course on Understanding The International Maritime Dangerous Goods Code (IMDG Code).

Hal ini untuk mensosialisasikan penanganan barang berbahaya di laut dalam rangka meningkatkan pemahaman IMDG Code kepada seluruh jajaran Perhubungan Laut.

Pelatihan IMDG Code tersebut, diikuti oleh peserta yang berasal dari perwakilan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Kesyahbandaran Utama dan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama.

Juga diikuti oleh perwakilan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan yang memiliki kualifikasi dan bertanggungjawab di bidang keselamatan pelayaran, serta petugas pelabuhan yang menangani inspeksi barang-barang berbahaya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Een Nuraini Saidah.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Tonny Budiono, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, menyebutkan penyelenggaraan pelatihan IMDG Code itu untuk memberikan panduan pada semua aspek penanganan barang berbahaya dan polutan laut.

Yakni, yang meliputi prinsip-prinsip dasar, rekomendasi rinci, praktik operasional penanganan barang berbahaya baik pada klasifikasi, pengepakan, pelabelan, penyimpanan, segregasi, dan penanganan serta tindakan tanggap darurat.

Dirjen Hubla berharap para peserta pelatihan dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya, sehingga materi yang disampaikan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mereka pada persyaratan dasar dari IMDG Code serta tata cara menjalankannya.

IMDG Code adalah sebuah kode International yang di gunakan oleh pengangkutan pelayaran dan juga semua pihak yang berkaitan dengan dunia “Shipping”, di mana kapal tersebut memuat barang-barang berbahaya atau yang bisa menimbulkan bencana.

IMDG Code ditujukan untuk memberi perlindungan pada crew kapal dan juga memberikan peringatan pada yang lainya bahwa kapal mereka mengangkut barang berbahaya, agar tidak menimbulkan polusi di laut dan juga agar memudahkan kapal dalam melakukan pelayaran sampai ke tujuan.

IMO-CLASS

Comments are closed.