Perizinan Tak Kunjung Turun, Pelindo III Akan Pindahkan Terminal Peti Kemas Benoa Ke Celukan Bawang

0
518

(maritimedia.com) – DENPASAR – PT Pelabuhan Indonesia III (persero) atau Pelindo III berancang-ancang akan memindahkan terminal peti kemas di Pelabuhan Benoa, Denpasar ke Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng atau lokasi lain apabila perizinannya tidak kunjung turun.

“Celukang Bawang saat ini akan kami buka peti kemas untuk fasilitasi kemungkinan Benoa agak lambat, maka kami geser ke utara atau mungkin tempat lain. Proses FS di Celukan Bawang belum rampung karena banyak hal harus disiapkan, yang pasti di Benoa izin sekarang belum turun,” kata Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak, Senin.

Orias menjelaskan saat ini pihaknya sedang melakukan kajian studi untuk membuka dermaga peti kemas di Pelabuhan Celukan Bawang yang berlokasi di Bali Utara tersebut.

“Apabila ternyata di Celukan Bawang pun tidak memungkinkan maka akan dipilih lokasi lain yang lebih layak”, ujar Orias.

Karena itulah, GM Benoa dan GM Celukan Bawang sudah ditugasi oleh Pelindo III untuk mencari lokasi di Pulau Bali yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan peti kemas.

Orias mengakui terdapat kendala untuk menjadikan Celukan Bawang sebagai petikemas, yakni terkait kesulitan akses bagi transportasi darat dari Buleleng menuju Denpasar.

“Kecuali, akses kendaraan dari Gilimanuk-Denpasar digeser ke utara atau jalan tol Denpasar-Singaraja terealisasi”, pungkas Mantan Direktur Keuangan Pelindo II tersebut.

Comments are closed.