LOMBA ARTIKEL DI PELINDO III

1
1966

Untuk lebih meningkatkan berita-berita tentang Kepelabuhan dan upaya menggairahkan para jurnalis tentang Pelabuhan, di Tahun 2009 telah banyak dilakukan kegiatan-kegiatan seperti Bedah Pelabuhan oleh Forwapel, dan Manajemen Pelindo III mengadakan Lomba penulisan Artikel tentang Kepelabuhanan, hal ini sangat penting mengingat masih ada wartawan yang sebenarnya belum paham banyak tentang istilah-istilah di Pelabuhan, sehingga mengakibatkan isi pemberitaan terjadi kekeliruan.

Djarwo Surjanto, Dirut Pelindo III saat menyerahkan trophy lomba penulisan.

Menurut Iwan Sabatini, Kahumas Pelindo III bahwa untuk tahun 2009 ini, lomba penulisan artikel telah diikuti sebanyak 35 orang, baik dari media cetak maupun elektronik, dan sebagai dewan juri Independen dihadirkan Ibu Sirikit Syah, pakar Komunikasi Kota Surabaya, dan telah diseleksi dan dinilai sebanyak 6 (enam) pemenang.

Sirikit Syah, dari Lembaga Konsumen Media mengatakan bahwa setelah membaca artikel2 yang mengikuti lomba tersebut akhirnya ia memandang bahwa dinamika pelabuhan layak untuk diberitakan tiap hari oleh media cetak selain hanya menampilkan intrik politik atau gosip2 saja. dalam sambutannya ia juga menyampaikan bahwa sekarang ini bukan jamannya lagi “bad news is a good news”, tetapi sekarang “good news also news”. Lomba penulisan artikel ini diikuti oleh berbagai macam bentuk berita seperti reportase, tajuk, maupun karya opini / artikel, hal tersebut disampaikan saat sebelum membacakan pengumuman pemenang.

Acara pengumuman dan pemberi penghargaan, dilaksanakan di Auditorium Lantai V, Pelindo III Kantor Pusat, yang dihadiri oleh Direksi dan para wartawan Cetak dan Elektronik, Adapun para pemenang sbb :

1. Juara 1 nomor artikel 17 atas nama M. Ganefodin dari Soerabaia Newsweek dengan artikel berjudul Tanjung Perak Doeloe, Kini dan Nanti memperoleh nilai 155.

2. Juara 2 nomor artikel 28 atas nama Erick AM dari Maritim dengan artikel berjudul Alur Pelayaran Berbayar Segera digelar memperoleh nilai 151.
 
3. Juara 3 nomor artikel 16 atas nama Abdul Wachid dari Tanjung Perak Pos dengan artikel berjudul Pembangunan Lamong Bay di lelang memperoleh nilai 147.
 
4. Juara Harapan 1 nomor artikel 9 atas nama Bagus Sumakto dari Tanjung Perak Pos dengan artikel berjudul Greget Pengembangan Pelabuhan Pasca UU Pelayaran memperoleh nilai 145.
 
5. Juara Harapan 2 nomor artikel 19 atas nama Lemar Sitorus dari News Patroli dengan artikel berjudul Menteri Perdagangan Sidak Tanjung Perak memperoleh nilai 141.
 
6. Juara Harapan 3 nomor artikel 6 atas nama Subhan dari Peduli Rakyat dengan artikel berjudul Pipa Gas Kodeco Timbulkan Masalah, Adpel Tanjung Perak Keluarkan Dua SE memperoleh nilai 140.

Menurut Iwan Sabatini, Kahumas Pelindo III mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai kegiatan jalinan komunikasi yang erat antara perusahaan dan para jurnalis, disamping Lomba Tulis juga ada Lomba Photo yang telah diadakan pada bulan Juli 2009 yang lalu, termasuk kegiatan-kegiatan seperti Press Tour, diharapkan kedepan semakin banyak wartawan-wartawan muda yang lebih memahami tentang kegiatan di Pelabuhan, seperti yang diketahui bahwa Pelabuhan merupakan pintu gerbang ekonomi disetiap Hinterland atau tempat suatu pangsa pasar perdagangan, Selamat bagi pemenang…

(Humas.Pelindo III)

Comments are closed.