Pasar Ikan Modern Muara Baru Jadi Percontohan Pembangunan Pasar Ikan Modern di Indonesia

0
54

(maritimedia.com) – SURABAYA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (13/3/2019).

Pembangunan PIM berangkat dari pemikiran Presiden Jokowi untuk membangun pasar ikan modern seperti Pasar Tsukiji di Tokyo, Jepang.

“Sudah lama saya ingin Indonesia punya pasar ikan besar dan modern seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang, yang nyaman, tidak kotor, tidak becek dan tidak bau,” kata Presiden Jokowi dalam Akun Instagram resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang dikelola oleh Tim Komunikasi Digital Presiden.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan, pada bulan Juli 2016, saya meminta Bu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk mewujudkannya,” ucap Presiden Jokowi.

“Dua setengah tahun kemudian, Rabu 13 Maret kemarin, saya meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Alhamdulillah,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyebutkan, di atas lahan 4,15 hektare di Muara Baru itu kini berdiri bangunan PIM Muara Baru seluas dua hektare.

“Di dalamnya terdapat 896 unit lapak penjual ikan segar, 155 unit kios maritim, ada delapan food court, dan berbagai fasilitas penunjang,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta dengan dibangunnya pasar ikan modern, maka pola kerja harus lebih baik sehingga PIM bisa menjadi one stop shopping produk ikan bermutu dan juga tujuan wisata.

“Pasar sudah modern, tentu harus diikuti pola kerja dan kebiasaan baru yang lebih baik pula. Agar PIM Muara Baru ini, seperti kata Bu Susi, selain sebagai “one stop shopping” aneka produk ikan bermutu dan aman dikonsumsi, juga bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Jakarta Utara,” tegas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan Pasar Ikan Modern (PIM) di Muara Baru merupakan pasar ikan modern yang pertama di Indonesia. Karena itu, Presiden Jokowi menginginkan PIM menjadi percontohan bagi pembangunan pasar ikan lainnya di daerah.

“Sekarang bangunan yang termodern seperti ini.  Ya ini sebagai contoh pembangunan di provinsi yang lain termasuk fasilitas di dalamnya,” pungkas Presiden Jokowi.

Comments are closed.