KM Gerbang Samudera I Rute Surabaya-Banjarmasin Terbakar di Karang Jamuang, 3 Orang Hilang

0
41

(maritimedia.com) – SURABAYA – KM Gerbang Samudra I, kapal jenis roro yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan tujuan Pelabuhan Bandarmasih, Banjarmasin, terbakar, Minggu (2/12/2018) dinihari. Kapal terbakar sekitar 5 jam setelah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sumber dari Basarnas Banjarmasin menyebutkan, kapal mulai terbakar sekitar atau dengan posisi di Perairan Karang Jamuang atau dengan koordinat D. Koordinat TKK*- 06° 35′ S 112° 54′ E. Saat kejadian Kondisi Cuaca sangat cerah.

Syahbandar Tanjung Perak Surabaya menyebut manifest penumpang KM Gerbang Samudera I yang terbakar di perairan Karang Jamuang, kapal membawa penumpang sebanyak 130 penumpang dan mengangkut 29 kendaraan berupa truk dan tronton.

“Dari total 130 penumpang, 127 penumpang sudah dievakuasi dan tiga orang masih dalam pencarian,” kata Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Dwi Budi Sutrisno di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak.

Para ABK dan penumpangnya yang selamat dievakuasi oleh KM Kumala ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Saat ini, tim Basarnas masih melakukan pencarian tiga korban terbakarnya KM Gerbang Samudera I, pencarian korban dilakukan di dua lokasi kejadian kebakaran kapal menggunakan KN SAR 225.

Selain itu petugas juga menyisir bangkai KM Gerbang Samudrea I untuk mengetahui keberadaan korban. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan tapi masih ada kepulan asap yang terlihat.

“Rencana operasi SAR di sekitar lokasi dan penyisiran bangkai jika api sudah benar-benar padam dan kondisi di dalamnya benar- benar dingin,” kata anggota Basarnas dalam laporan operasi SAR, Senin (3/12/2018).

Adapun tiga orang masih dalam pencarian yakni nakhoda Soehaldani dan dua kadet kapal Siska Malal Marifat dan Nurul Fardillah.

Update dari Port Operation Command Centre (POCC) Tanjung Perak menyebutkan info dari Tb. Hantaran Sukses jam 00.50 KM Gerbang Samudera I posisi sudah dikandaskan di pinggir alur barat depan karang jamuang. Dengan koordinat 06-56-254 S 112-40-960 E.

Comments are closed.