IPC Pelabuhan Teluk Bayur Menuju Layanan Pelabuhan Kelas Utama

0
64

(maritimedia.com) – SURABAYA – PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Teluk Bayur atau yang biasa dikenal dengan Indonesia Port Corporation (IPC) Teluk Bayur, Sumatera Barat terus menggeliat, bangkit menuju Pelabuhan dengan standard pelayanan bertaraf International dibawah nakhoda Genaral Manager (GM) H. Armen Amir.

Dilihat dari sejarah, IPC Teluk Bayur sudah ada sebelum Kemerdekaan RI, saat itu, IPC Teluk Bayur merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia  (Sumatera Barat) di samping Pelabuhan Tanjung Priok.

Dari fakta sejarah tersebut menjadi satu alasan bagi sosok GM Armen Amir, untuk menjadikan IPC Teluk Bayur bangkit menjadi Pelabuhan Kelas Utama, dalam operasional, layanan dan jasa.

Berbekal puluhan tahun ikut membidangi pengelolaan perusahaan jasa kepalabuhanan sekaliber PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo II), menjadikan GM Armen Amir memiliki sejuta obsesi dan strategi untuk menjadikan IPC Teluk Bayur menuju Pelabuhan dengan standard pelayanan bertaraf International.

GM Armen Amir mengamati perkembangan IPC Teluk Bayur yang kini merupakan Pelabuhan Madya, bertekad akan berkerja keras membawa IPC Teluk Bayur menjadi Pelabuhan Utama di lingkungan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Menurut Armen, sebagai pelabuhan yang berhadapan langsung dengan samudera luas, IPC Teluk Bayur memiliki potensi besar, dilihat dari sisi cargo muatan (hinterland), dari sisi traffik kapal yang ditangani selama ini.

IPC Teluk Bayur saat ini telah memiliki standard prosedur pelayanan (SOP) berdasarkan ISO 9001:2015. IPC teluk Bayur dilengkapi dengan peralatan modern yang mampu menangani berbagai jenis barang antara lain barang curah seperti batubara, semen, klinker dan CPO.

Demikian pula untuk komoditas yang menggunakan petikemas seperti kayu manis, teh, moulding, furniture dan karet, yang merupakan komoditas ekspor unggulan ke Ameriaka Serikat, Eropa, Asia, Australia dan Afrika.

Comments are closed.