Tambah 3 Trayek Baru, Tahun ini Pemerintah Operasikan 18 Trayek Tol Laut

0
134

(maritimedia.com) – SURABAYA – Pemerintah menugaskan perusahaan pelayaran pelat merah PT Djakarta Lloyd (Persero) untuk mengoperasikan kapal-kapal penghubung (feeder) pada tiga trayek baru tol laut di koridor Sulawesi yang akan dibuka Pemerintah Oktober mendatang.

Kapal-kapal penghubung (feeder) yang dioperasikan oleh PT Djakarta Lloyd (Persero) akan mendistribusikan barang ke daerah yang selama ini tidak dapat dilintasi kapal utama tol laut di koridor itu.

Setiap kapal penghubung (feeder) itu memiliki kapasitas pengangkutan peti kemas 100 TEUs yang dua di antaranya kontainer berpendingin (reefer container).

Langkah ini sekaligus untuk mengerek muatan balik yang selama ini tingkat keterisian kontainernya rendah. Kalla Logistic akan membantu menghimpun komoditas dari sentra-sentra produksi, terutama kopra dan ikan.

“Kalau kita menggunakan kapal direct call semua dari Tanjung Priok atau Tanjung Perak, enggak semua pelabuhan bisa dimasuki. Jadi harus di-split lagi ke kapal-kapal yang lebih kecil lagi,” kata Plt. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Wisnu Handoko di Jakarta.

Wisnu menjelaskan trayek Makassar-Selayar-Jampea-Sikeli-Raha-Ereke-Pasarwajo-Makassar (T-16) dengan pangkalan di Pelabuhan Makassar akan menjadi hub bagi trayek T-5 (Tanjung Perak-Makassar-Tobelo-Tanjung Perak). Kapal Motor (KM) Kendhaga Nusantara 4 akan beroperasi di trayek T-16.

Sementara itu, trayek Bitung-Tilamuta-Parigi-Poso-Ampana-Bunta-Pagimana-Bitung (T-17) dengan pangkalan di Pelabuhan Bitung akan menjadi hub bagi trayek T-4 (Tanjung Perak-Makassar-Tahuna-Tanjung Perak). KM Kendhaga Nusantara 13 akan beroperasi di trayek T-17.

Adapun trayek Kendari-Lameruru-Bungku-Kolondale-Taliabo-Kendari (T-18) dengan pangkalan di Pelabuhan Kendari akan menjadi hub bagi trayek T-6 (Tanjung Perak-Tidore-Morotai-Tanjung Perak). KM Kendhaga Nusantara 15 akan beroperasi di trayek T-18.

Dengan tiga trayek baru itu, maka hingga pengujung tahun ini, pemerintah akan mengoperasikan 18 trayek tol laut. Saat ini, ada 15 trayek tol laut yang dioperasikan. Tahun depan, pemerintah berencana menjalankan 21 trayek tol laut.

Comments are closed.