Sukseskan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018, Pelindo III Percantik Pelabuhan Benoa Bali

0
245

(maritimedia.com) – Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III (Persero) menandatangani kontrak dengan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (Wika Gedung) untuk merenovasi terminal penumpang Pelabuhan Benoa.

Hal ini sebagai bentuk dukungan Pelindo III atas Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali pada 12-14 Oktober 2018. Gelaran internasional tersebut di proyeksikan akan mendatangkan sekitar 15 ribu – 18 ribu tamu, mulai dari anggota delegasi 189 negara, hingga kolega dan keluarganya.

CEO Pelindo III Ari Askhara mengatakan Pelindo III sebenarnya sudah memiliki masterplan (rencana jangka panjang) untuk mengembangkan Pelabuhan Benoa agar semakin menarik cruise internasional untuk bersandar.

“Demi mendukung kesuksesan penyelenggaran event global tersebut lancar dan berkontribusi positif pada citra negara, pengerjaan renovasi terminal penumpang Pelabuhan Benoa dipercepat,” kata Ari Askhara, usai penandatangan kontrak dengan Wika Gedung, untuk pengerjaan proyek tersebut di Surabaya North Quay, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (28/2).

Ari Askhara menjelaskan sinergi BUMN antara Pelindo III dengan Wika Gedung tidak hanya mempercantik Pelabuhan Benoa tetapi juga akan memperluas Pelabuhan Benoa. Bangunan terminal penumpang yang semula berkapasitas 950 orang akan diperbesar untuk menampung 3.500 turis dalam bangunan seluas 5.600 meter persegi.

“Sedangkan untuk area hijau nantinya akan sangat memanjakan pejalan kaki karena dilengkapi dengan taman, kolam, jogging track, dan juga amphitheater.” jelas Ari Askhara.

Adapun pengembangan Pelabuhan Benoa dikerjakan berdasarkan arahan pemerintah dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Benoa yang disahkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan pada 2017 lalu.

Salah satu tujuan utamanya yakni menjadikan Benoa sebagai Terminal Kapal Pesiar Kelas Dunia. Saat ini Benoa merupakan cruise hub-port utama di Indonesia. Kapal pesiar internasional dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di gerbang laut wisata Pulau Dewata tersebut.

Comments are closed.