Tingkatkan Ekonomi Kawasan Indonesia Timur, Pelindo III Berkolaborasi dengan Pihak Swasta

0
264

(maritimedia.com) – SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III berkolaborasi dengan pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur logistik di daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kawasan Indonesia Timur.

Kolaborasi dengan pihak swasta tersebut diwujudkan lewat penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT Indonesia Bulk Terminal di Jakarta, Senin (12/3).

Kolaborasi pertama, Pelindo III dengan PT Muria Sumba Manis yakni penyediaan fasilitas dan pelayanan jasa kepelabuhanan dan jasa terkait untuk pembangunan perkebunan tebu dan pabrik gula di Pelabuhan Kawasan Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pelindo III selaku pengelola Pelabuhan Waingapu akan mendukung kebutuhan logistik dan distribusi proyek perkebunan tebu dan pabrik gula tersebut, kapal akan sandar di Pelabuhan Waingapu, proses bongkar muat dan penumpukan akan ditangani oleh Pelindo III.

Kolaborasi kedua, Pelindo III dengan PT Sriboga Flour Mill dalam pengelolaan fasilitas pelabuhan terminal curah kering-food grain di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Dalam kerja sama tersebut Pelindo III dapat mengoptimalkan penggunaan aset pelabuhan sedangkan Sriboga Flour Mill akan mendapatkan hak pengelolaan dua bidang tanah sekitar 40.000 meter persegi untuk membangun fasilitas pelabuhan berupa terminal curah kering-food grain.

Adapun konsep kerja sama yang digunakan adalah BTO (build-transfer-operate) untuk 16 unit silo, suction, dan dermaga yang 30 persen permodalannya dari Pelindo III dan 70 persen dari Sriboga.

Dan kolaborasi ketiga, Pelindo III dengan PT Indonesia Bulk Terminal (IBT), anak perusahaan PT Adaro Energy Tbk yakni penandatanganan perjanjian pendahuluan tentang pembentukan perusahaan patungan untuk mengembangkan Pelabuhan Mekar Putih, Kalimantan Selatan.

Status Pelabuhan Mekar Putih sekarang TUKS [Terminal untuk kepentingan sendiri], setelah kerja sama dengan Pelindo III nantinya akan menjadi pelabuhan untuk pelayanan umum.

Kerja sama ini khususnya untuk mengembangkan Pelabuhan Mekar Putih sebagai pusat pelabuhan penghubung yang strategis dan terminal curah yang menangani barang-barang curah kering dan curah cair, serta komoditas lainnya.

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) ini dilakukan langsung oleh CEO Pelindo III Ari Askhara, Direktur II PT Muria Sumba Manis Welly, Direktur Utama PT Sriboga Flour Mill Alwin Arifin, dan CEO Adaro Group/PT Indonesia Bulk Terminal Garibaldi Thohir, serta dihadiri pula oleh Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan Ahmad Bambang.

Comments are closed.