Indonesia Kenalkan dan Tawarkan Alur Pelayaran ALKI 2 Pada Yunani

77
7346

(maritimedia.com) – SURABAYA – Pemerintah Indonesia mengenalkan sekaligus menawarkan jalur pelayaran alternatif kepada Yunani. Sebab, negara yang dijuluki negeri para dewa itu menguasai 30 persen armada kapal dunia mulai dari kapal tangker minyak, gas, hingga kapal penumpang.

Jalur pelayaran yang dimaksud yakni Alur Laut Kepulauaan Indonesia (ALKI) 2 melalui Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

Hal itu dilakukan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dalam kunjungannya ke Yunani waktu lalu dengan memperkenalkan jalur pelayaran ALKI 2 sebagai alternatif Selat Malaka.

Rizal Ramli juga menyebutkan, dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, Selat Malaka dipastikan semakin padat sehingga potensi kecelakaan akan semakin besar. “Kami prediksi, 20 tahun ke depan jalur malaka akan tidak lagi sustain,” kata Rizal dikutip dari siaran pers Kemenko Kemaritiman, Jakarta.

Saat ini, sekitar 40 persen alur kapal internasional sudah melintasi Selat Malaka. Wilayah tersebut memang sejak berabad-abad silam menjadi jalur pelayaran utama internasional.

Oleh karena itulah, untuk memuluskan jalur palayaran ALKI 2, Pemerintah sudah memiliki rencana akan membangun dua pelabuhan besar di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi.

Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) adalah Alur Laut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional. Alur ini merupakan alur untuk pelayaran dan penerbangan yang dapat dimanfaatkan oleh kapal atau pesawat udara asing diatas laut tersebut untuk dilaksanakan pelayaran dan penerbangan damai dengan cara normal.

Penetapan ALKI dimaksudkan agar pelayaran dan penerbangan internasional dapat terselenggara secara terus menerus, langsung dan secepat mungkin serta tidak terhalang oleh perairan dan ruang udara teritorial Indonesia. ALKI ditetapkan untuk menghubungkan dua perairan bebas, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Semua kapal dan pesawat udara asing yang mau melintas ke utara atau ke selatan harus melalui ALKI.

Adapun pembagian ALKI di Indonesia yakni: – ALKI 1 melintasi Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawad dan Selat Sunda. – ALKI 2 melintasi Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores dan Selat Lombok. – ALKI 3 melintasi Samudera Pasifik, Laut Maluku, Laut Seram, Laut Banda, Selat Ombai dan Laut Sawu.

Comments are closed.